PENGERTIAN MANAJEMEN
MANAJEMEN
PENGERTIAN MANAJEMEN
ADA BEBERAPA PENDAPAT:
PENGERTIAN MANAJEMEN
ADA BEBERAPA PENDAPAT:
- Ensiclopedia of the social science
Didalam encsiclopedia of the social science, manajemen diartikan sebagai proses pelaksanaan suatu tujuan tertentu yang diselenggarakan dan diawasi
- Mary parker follet
Menurut parker follet, manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain
- Thomas H NELSON
Menurut thomas H. Nelson, manajemen perusahaan adalah ilmu dan seni memadukan ide-ide,fasilitas, proses, bahan dan orang2 untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat dan menjualnya dengan menguntungkan
- G.R Terry
Menurut terry, manajemen diartikan sebagai proses yang khas yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian,pelaksanaan dan pengawasan
yang dilakukan untuk menentukan dan usaha mencapai sasaran-sasaran dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya
• 5.James A.F. Stoner
Menurut stoner, manajemen diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengawasan upaya(usaha-usaha)anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan
6. Prof, Drs Oci Liang lie
Manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan , pengorganisasian , pengarahan, pengkoordinasian dan pengawasan sumber daya manusia dan alam, terutama sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan
Menurut stoner, manajemen diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengawasan upaya(usaha-usaha)anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan
6. Prof, Drs Oci Liang lie
Manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan , pengorganisasian , pengarahan, pengkoordinasian dan pengawasan sumber daya manusia dan alam, terutama sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan
• FUNGSI-FUNGSI YANG DILAKSANAKAN MANAJER:
• 1. perencanaan
• 2. pengorganisasian
• 3. penyusunan personalia
• 4. pengarahan
• 5. pengawasan
• Tugas penting yang dilaksanakan manajer:
• 1. manajer bekerja dan melalui orang lain
• 2. manajer memadukan dan menyeimbangkan tujuan yang saling bertentangan dan menetapkan prioritas
• 3. manajer bertanggungjawab dan mempertanggungjawabkan
• 4. manajer harus berfikir secara analitis dan konseptual
• 5. Manajer adalah seorang mediator
• 6. manajer sebagai politisi
• 7. manajer adalah seorang diplomat
• 8. manajer mengambil keputusan2 sulit
• KEGIATAN-KEGIATAN MANAJER:
• 1. kegiatan pribadi
• 2. kegiatan tehnik
• 3. administratif
• 4. interaksional
• JENIS-JENIS MANAJER
• 1. Ditinjau dari tingkatannya dalam organisasi, dibedakan menjadi;
• A. manajer garis pertama( fist line manajer)
• B. Manajer menengah( middle manajer)
• C. manajer puncak( top manajer)
2. Ditinjau dari kegiatan organisasi yang ada dibawah tanggung jawabnya:
• A. manajer fungsional misalnya
a. Dilihat dari bidangnya:
1. manajer produksi
2. manajer personalia
3. manajer keuangan
4. manajer pemasaran
5. manajer akuntansi
b. Dilihar dari proses:
1. manajer perencanaan
2. manajer pengawasan
B. Manajer umum, misalnya
1. manajer komersial
2. manajer tehnik
1. manajer komersial
2. manajer tehnik
• Ketrampilan2 manajerial yang dibutuhkan seorang manajer:
• 1. ketrampilan konseptual( conseptual skiils)
• 2. ketrampilan kemanusiaan( human skills)
• 3. katrampilan administratif( administratitive skill)
• 4. ketrampilan tehnik( tehnical skill)
Semoga Bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar