Jumat, 28 Oktober 2011

Pengertian Menejemen


PENGERTIAN MANAJEMEN

       MANAJEMEN             
PENGERTIAN MANAJEMEN

ADA BEBERAPA PENDAPAT:
  1. Ensiclopedia of the social science
                Didalam encsiclopedia of the social science, manajemen diartikan sebagai proses pelaksanaan suatu tujuan tertentu yang diselenggarakan dan diawasi
  1. Mary parker follet
                Menurut parker follet, manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain
  1. Thomas H NELSON
                Menurut thomas H. Nelson, manajemen perusahaan adalah ilmu dan seni memadukan ide-ide,fasilitas, proses, bahan dan orang2 untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat dan menjualnya dengan menguntungkan
  1. G.R Terry
                Menurut terry, manajemen diartikan sebagai proses yang khas yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian,pelaksanaan dan pengawasan
                 yang dilakukan untuk menentukan dan usaha mencapai sasaran-sasaran dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya
       5.James A.F. Stoner
Menurut stoner, manajemen diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengawasan upaya(usaha-usaha)anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan

6. Prof, Drs Oci Liang lie
Manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan , pengorganisasian , pengarahan, pengkoordinasian dan pengawasan sumber daya manusia dan alam, terutama sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan
       FUNGSI-FUNGSI YANG DILAKSANAKAN MANAJER:
       1. perencanaan
       2. pengorganisasian
       3. penyusunan personalia
       4. pengarahan
       5. pengawasan
       Tugas penting yang dilaksanakan manajer:
       1. manajer bekerja dan melalui orang lain
       2. manajer memadukan dan menyeimbangkan tujuan yang        saling bertentangan dan menetapkan prioritas
       3. manajer bertanggungjawab dan   mempertanggungjawabkan
       4. manajer harus berfikir secara analitis dan konseptual
       5. Manajer adalah seorang mediator
       6. manajer sebagai politisi
       7. manajer adalah seorang diplomat
       8. manajer mengambil keputusan2 sulit
       KEGIATAN-KEGIATAN MANAJER:
       1. kegiatan pribadi
       2. kegiatan tehnik
       3. administratif
       4. interaksional
       JENIS-JENIS MANAJER
       1. Ditinjau dari tingkatannya dalam organisasi, dibedakan menjadi;
       A. manajer garis pertama( fist line manajer)
       B. Manajer menengah( middle manajer)
       C. manajer puncak( top manajer)
2. Ditinjau dari kegiatan organisasi yang ada dibawah tanggung jawabnya:
       A. manajer fungsional misalnya
a.       Dilihat dari bidangnya:
                1. manajer produksi
                2. manajer personalia
                3. manajer keuangan
                4. manajer pemasaran
                5. manajer akuntansi
b. Dilihar dari proses:
                1. manajer perencanaan
                2. manajer pengawasan
B.  Manajer umum, misalnya
1. manajer komersial
2. manajer tehnik
       Ketrampilan2 manajerial yang dibutuhkan seorang manajer:
       1. ketrampilan konseptual( conseptual skiils)
       2. ketrampilan kemanusiaan( human skills)
       3. katrampilan administratif( administratitive skill)
       4. ketrampilan tehnik( tehnical skill)


Diambil Dari Berbagai Sumber

Semoga Bermanfaat.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar